2:01 PM |
0 Comments
Seperti yang kebanyakan penggemar KPop tahu, untuk beberapa waktu ini, JYJ tidak dapat berpromosi dengan bebas karena masalah masa lalu mereka dengan SM Entertainment. Stasiun
penyiaran dan distributor musik tidak pernah memberikan penjelasan
jelas kenapa hal ini terjadi, namun fans menduga selama ini bahwa SM
Entertainment telah memberikan tekanan melalui pintu belakang.
Fair Trade Commission atau FTC
telah melihat masalah ini dan akhirnya menegaskan bahwa pihak yang
bertanggung jawab akan kurangnya aktivitas siaran JYJ adalah SM Entertainment dan ‘Korean Federation of Pop Culture and Art Industry (KFPCAI)‘.
Setelah mengkonfirmasi peran keduanya dalam menghalangi aktivitas
JYJ, FTC mengeluarkan sanksi yang meminta SM Entertainment dan KFPCAI
untuk berhenti mengganggu kegiatan kelompok ini.
Menurut FTC, SM dan KFPCAI mengeluarkan sebuah pernyataan yang
meminta orang dalam dunia penyiaran dan musik di Korea untuk membatasi
kegiatan siaran JYJ dan penampilan mereka saat JYJ mengeluarkan album
pertama mereka di 2010.
Seorang perwakilan berkomentar, “Meskipun penjualan album JYJ
tinggi, kegiatan mereka sebagai penyanyi dibatasi di Korea, dan harus
berpromosi melalui area dimana pengaruh SM tidak terlalu kuat seperti
drama, musikal, dan iklan.”
SM juga meminta Warner Music Korea, distributor album pertama JYJ pada tahun 2010, untuk menghentikan distribusi album grup ini.
KFPCAI juga membantu SM dengan mengeluarkan pernyataan kepada Warner
Music Korea, juga kepada 3 stasiun siaran utama dan 6 musik juga stasiun
kabel, dan 11 album retailer juga 5 online music servies, meminta
mereka untuk membatasi penampilan siaran JYJ dan distribusi musik
mereka.
Dalam pernyataannya, KFPCAI hanya menggunakan sisi cerita SM dan
memperingatkan stasiun penyiaran dan situs musik bahwa mereka akan
terlibat dalam masalah JYJ dan juga mendorong Hallyu dan kultur pop
mundur, jika mereka tidak membatasi kegiatan JYJ.
FTC berkomentar, “SM, salah satu dari 3 agensi besar, dan KFPCAI,
yang terdiri dari berbagai macam organisasi yang terlibat dalam industri
entertainment, menerapkan tekanan yang luar biasa kepada
perusahaan-perusahaan dan sebagai hasilnya, JYJ mengalami pembatalan
dalam program musik dan program variety, perubahan dalam peringkat
musik, dan juga pembatalan dokumenter dan pemutaran teater.”
FTC telah menemukan bahwa SM dan KFPCAI melanggar beberapa kebijakan
dan telah memerintahkan sanksi dan tindakan korektif sehingga kegiatan
JYJ tidak akan dibatasi lebih lanjut karena masa lalu mereka dengan SM
Entertainment.
Sebagai bagian dari tindakan korektif, KFPCAI juga harus mengeluarkan
pernyataan kepada 12 organisasi dan perusahaan-perusahaan yang
membentuk KFPCAI dan juga 26 perusahaan, termasuk stasiun siaran dan
juga situs distribusi musik, selain itu juga mereka telah dikenai sanksi
oleh FTC.
Seorang perwakilan FTC berkomentar, “Ini adalah kasus dimana kami
melarang agensi skala besar dari menggunakan pengaruh mereka untuk
menekan bisnis, untuk campur tangan dalam aktivitas promosi dari
selebriti yang memiliki perselisihan dengan mereka.”
Dengan adanya sanksi ini, mudah-mudahan kita akan segera melihat JYJ dengan bebas berpromosi di musik dan program variety!
Post a Comment